Pages

Selasa, 07 Desember 2021

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak Nilai Nilai dan Peran Guru Pengerak

 Setelah membaca modul 1.2 saya mencoba mengambil kesimpulan mengenai nilai dan peran guru penggerak. Seorang guru pengerak harus memiliki nilai diri yaitu Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, dan berpihak pada siswa. Nilai seorang guru pengerak di mulai dari dirinya sendiri pada akhirnya mengimbas pada orang disekelilingnya. kemampuan dalam mengembangkan diri sendiri, mengevaluasi, berkerjasama, menemukan hal yang baru dan mengali potensi peserta didik dengan karakteristik yang berbeda. Bila Nilai  tersebut telah dimiliki oleh seorang guru penggerak maka  sangat penting untuk mampu menjalankan peran sebagai guru penggerak yaitu sebagai pemimpin pembelajaran, menjadi coach/mentor bagi guru lain, menggerakkan komunitas sekolah dan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid.

Bila kita mengkaitkan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara sangatlah relevan dimana filosofi Ki Hajar Dewantara dimana menitikberatkan pada potensi kodrat alam dan kodrat zaman. Kodrat alam guru harus senantiasa Madiri (mengembangkan potensi dirinya sebagai sebuah tanggung jawab atas dirinya sendiri) dan Reflektif (mengevaluasi yang telah dilakukan maupun orang lain lakukan apa yang telah baik dan apa yang perlu dikembangkan). Kodrat zaman guru dapat menerapkan nilai Inovati, Kolaboratif dan berpihak pada peserta didik.

Adapun strategi yang saya miliki untuk mencapai nilai tersebut adalah :

  • Mandiri : belajar dan melakukan sesuatu secara mandiri, memiliki inisiatif diri untuk maju dan berkembang.
  • Reflektif : melakukan refleksi setelah mengajar yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan apa yang harus ditambahkan atau diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta belajar dari pengalaman teman sejawat.
  • Kolaboratif : melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat, mengajak bersama-sama untuk memeningkatan kompetensi sebagai guru.
  • Inovatif  : menciptakan sesuatu yang baru seperti metode pembelajaran utnuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta siswa.
  • Berpusat pada murid : menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid. Guru dapat membuat desain pembelajaran bertema merdeka belajar. Guru mengali potensi peserta didik sehingga mereka dapat menyelesaian permasalahannya sehingga mereka memiliki karakter beriman, mandiri, bergotong royong, berkebhinekaan, bernalar kritis dan kreatif

Adapun pihak yang terlibat dalam membantu pencapaian tentang nilai diri dan peran guru penggerak diantaranya ada kepala sekolah sebagai penanggung jawab, rekan sejawat sebagai mitra untuk berkolaborasi, siswa sebagai subjek untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, orang tua siswa sebagai pendukung yaitu menjadi mitra bagi guru dalam rangka mensukseskan program yang akan dirancang oleh guru untuk peningkatan hasil belajar peserta didik.

Terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More