Pages

Selasa, 07 Desember 2021

1.3.a.4.2 Konsep Inquiri Apresiatif

 Inkuiri apresiatif adalah sebuah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif berbasis kekuatan positif melalui tahapan pertanyaan yang tersusun balam bahasa Indonesi disebut BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil Pelajaran,Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).

Berbicara tentang kekuatan dan hal positif paradigma inkuiri apresiatif sangat sesuai dan sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa anak hidup dan tumbuh sesuai dengan kodratnya sendiri baik kodrat alam maupun kodrat zaman. Pendekatan paradigma  inkuiri apresiatif sejatinya adalah menggali potensi setiap anak didik sesuai bakat dan kodratnya masing masing. Sehingga paradigma ini bisa menjadi salah satu metode untuk mencapai visi Ki Hajar Dewantara.

Melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif dengan metode BAGJA maka peran penting guru dalam mewujudkan merdeka belajar yaitu: menuntun dimana focus pembelajarannya berpihak pada murid, menggali potensi, memberikan pembelajaran yang bermakna bermakna guna membekali nereka dalam menghadapi kehidupan.

Langkah konkrit yang dapat kita lakukan dalam pendekatan IA model BAGJA antara lain: Memahami kekuatan positif sekolah yang sudah ada, menyusun visi sesuai pendekatan IA, menginventaris hambatan yang muncul dan solusi bersama dengan musyawarah, melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dan stakeholder yang terlibat dalam pendidikan dengan baik. Agar apa yang menjadi visi kita dapat terwujud dengan baik. Menjalankan perubahan positif di sekolah tidaklah mudah, karena suatu perubahan perlu adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak dan upaya yang tetap konsisten dari sekolah dengan memahami dan mendorong perubahan budaya sekolah untuk terus melakukan inovasi dan selalu terbuka terhadap setiap perubahan kearah yang lebih baik.

Selain dari pada itu kita harus mengetahui tingkat perkembangan peserta didik ,Informasi penting yang dapat membantu saya dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak kelak adalah adanya informasi penting tentang model pendekatan yang bisa diterapkan salah satunya Inkuiri Apresiatif dengan metode BAGJA yang akan menciptakan ekosistem perubahan, Informasi tentang kekuatan yang perlu dikembangkan dan hambatan yang perlu segera dicari solusinya yang ada di sekolah. Strategi dan model pembelajaran yang berpihak pada murid. Sehingga peran sebagai guru penggerak dapat maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More